Thursday, August 14, 2014

Balon Wi-Fi Pertama Indonesia Mengangkasa Di Klaten



Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, menjadi daerah pertama untuk menyebarkan akses Wi-Fi gratis di Indonesia. Yang diprakarsai kelompok pengguna Linux Indonesia Klaten (KPLI Klaten), langkah ini termasuk dalam program Klaten Go Online, juga didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Kabupaten Klaten dan Telkom Kandatel Klaten.

Arif Prabowo, Operations Vice President Public Relations Telkom mengonfirmasi bahwa akses internet balon udara tersebut didukung oleh Grup Telkom, meliputi Telkom dan Telkomsel. Balon Wi-Fi pertama Indonesia ini sudah beroperasi pada akhir Juli 2013 ini, seperti yang dikutip di situs resmi Pemerintah Kabupaten Klaten, bertepatan dengan HUT Klaten ke-209 tahun.

Pengguna dapat menikmati internet gratis dengan username : klaten, dan password: gooonline. Balon udara tersebut kini ditempatkan di halaman kantor Pemkab Klaten dan alun – alun pusat kota Klaten. Pada 15 Juni 2013, proyek balon udara Wi-Fi di Klaten ini mirip dengan Project Loon yang diprakarsai Google. Google melepas 30 balon udara pemancar Wi-Fi di wilayah Christchurh, Selandia Baru.

No comments:

Post a Comment