Monday, June 30, 2014

Misteri di Balik Sengatan Ikan Berdaya Listrik




Para ilmuwan menemukan rahasia di balik ikan berdaya listrik. Mereka menggunakan studi genetik untuk mengungkap bagaimana makhluk eksotik itu mengembangkan organ yang bisa melepaskan sengatan listrik.

Para peneliti pada Kamis (26/6) mengungkap cetak biru dan data rinci genetik belut listrik --penghuni perairan Amerika Selatan yang menakutkan dan bisa menyengat dengan medan listrik sampai 600 volt -- serta dua jenis ikan berdaya listrik yang lain.

Meski enam kelompok ikan berdaya listrik telah secara mandiri berevolusi jauh dari tempat asalnya seperti air berlumpur Amazon dan lingkungan laut keruh, mereka semua tampaknya mencapai "kotak perangkat genetik" yang sama untuk mengembangkan organ pembangkit listrik mereka, kata para peneliti.

Hasil studi baru yang dipublikasikan di Jurnal Science menunjukkan bahwa beragam ikan berdaya listrik bergantung pada gen dan jalur biologis sama untuk membangun organ listrik mereka dari otot rangka terlepas dari perbedaan penampakan dan lokasi dari organ mereka.

Kemampuan elektrik mereka menjadi satu keajaiban alam bersama kemampuan khas seperti bioluminesensi pada beberapa serangga dan makhluk laut serta ekolokasi pada kelelawar dan paus.

"Ini sungguh sesuatu yang unik di kerajaan binatang," kata Profesor zoologi di Michigan State University, Jason Gallant, seperti dilansir kantor berita Reuters.

Profesor biokimia di University of Wisconsin Michael Sussman mengungkapkan kekaguman sama. Ia menambahkan, "Ini hanya ada pada ikan karena air adalah penghantar listrik sementara udara tidak. Dengan demikian, burung-burung atau binatang darat tidak akan memiliki ini."

No comments:

Post a Comment